Ingin Vagina Sehat? Lakukan 10 Hal Ini

Ilustrasi organ kewanitaan.

Vagina yang sehat secara alami bisa menjaga tingkat keasaman untuk mencegah iritasi. Ketika ada gangguan dengan organ kewanitaan ini, maka masalah akan timbul. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa pencegahan untuk menjaga vagina Anda tetap sehat.

Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan di sekitar organ kewanitaan, ini sangat penting untuk mencegah berkembangnya bakteri yang dapat menyebabkan iritasi, gatal-gatal atau yang lebih parah adalah infeksi.

Selain cara di atas, masih ada 10 hal lagi yang bisa Anda lakukan agar vagina Anda tetap sehat. Dilansir dari healthmeup.com, berikut 10 cara untuk menjaga vagina Anda tetap sehat dan mencegahnya dari infeksi dan ketidaknyamanan.

1. Hindari sembelit, minum banyak air putih.
2. Hindari menggunakan sabun wangi di daerah kewanitaan saat Anda mandi.

3. Jika ingin membersihkan organ kewanitaan Anda, gunakan kapas innerwear dan hindari pemakaian celana dalam ketat, berbahan spandex dan menggunakan tali, karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Gunakanlah bahan yang bisa membuat organ kewanitaan Anda bernapas.

4. Hindari penyemprotan jenis apapun di daerah kewanitaan. 
Anda mungkin berpikir, menggunakan penyemprot beraroma bunga untuk vagina akan memberikan aroma harum, tetapi sebenarnya, hal tersebut dapat merusak tingkat pH vagina Anda. Selain itu, akan menyebabkan iritasi dan masalah lainnya. Jika organ kewanitaan Anda menimbulkan bau tidak sedap, Anda harus menggunakan antiseptik berdasarkan rekomendasi dari dokter Anda.

5. Mencukur rambut di daerah kewanitaan adalah kebiasaan sehat.
Menjaga kesehatan vagina yang baik adalah dengan mencukur rambut kemaluan Anda secara teratur. Rambut berlebih di sekitar vagina, bisa membuatnya lembab, yang dapat menimbulkan bakteri berkembang dan menyebabkan infeksi.

6. Cuci setiap hari.
7. Jangan lakukan douching.
Douching vagina adalah proses pembersihan intra-vaginal. Proses ini biasanya meliputi mencuci vagina dengan campuran cuka dan air. Ada beberapa douche yang tersedia di pasar yang mengandung antiseptik dan wewangian. Biasanya, tersedia dalam kemasan botol yang disemprotkan ke dalam vagina melalui tabung. Douching akan mengubah keseimbangan pH dan konsentrasi mikroba di vagina. Perubahan ini akan membuat vagina Anda rentan terhadap bakteri menular, yang bisa berkembang biak. Hal ini dapat menyebabkan vaginosis bakteri.

8. Gunakan pembalut dengan baik.
Untuk vagina yang sehat, sangat penting untuk menjaga kebersihan selama menstruasi. Jangan gunakan pembalut terlalu lama. Pembalut akan menyerap darah dan jika digunakan terlalu lama, akan muncul bakteri yang dapat menyebabkan ruam dan iritasi.

9. Cuci celana dalam dengan benar setelah berhubungan intim. 
Berhubungan intim dengan aman akan menjauhkan Anda dari ancaman bakteri.

10. Jika Anda mendapatkan bau tidak sedap, gatal dan warna yang tidak biasa pada vagina Anda, maka sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, untuk mengatasi masalah dan mencegahnya agar tidak semakin buruk.

share LINE to friends