5 Cara Menentukan Jenis Kulit

Kulit wajah wanita.

Organ terbesar dari tubuh manusia adalah kulit. Kulit juga dianggap sebagai salah satu aset berharga, karena kulit memberikan perlindungan terhadap tubuh kita, dan memainkan peran utama dalam menambah kepercayaan diri.

Jadi, merupakan hal normal jika kita mempedulikan kulit, dengan cara melakukan berbagai perawatan. Sangat penting bagi semua orang untuk bisa mengidentifikasi jenis kulit mereka. 

Biasanya, jenis kulit manusia dikategorikan menjadi lima jenis yang berbeda. Dan masing-masing jenis kulit memiliki karakteristik yang berbeda pula. Dan berikut ini adalah lima cara untuk menentukan jenis kulit Anda.

1. Kulit normal.
Sungguh beruntung orang yang diberkati dengan jenis kulit normal. Kulit normal ditandai dengan tekstur yang halus dan kencang. Jenis kulit ini tidak memiliki area yang berminyak atau kering, dan tidak memiliki pori-pori besar, meskipun beberapa komedo sesekali dapat dialami.

2. Kulit kering.
Kulit kering akan terlihat transparan dan ditandai dengan tekstur halus. Jika Anda memiliki kulit kering, kemudian Anda mencuci wajah Anda, Anda akan merasakan kulit Anda kencang dan serasa ditarik, sampai Anda menggunakan pelembab. Kulit kering juga cenderung menampilkan garis-garis yang sangat halus di sekitar mulut dan mata.

3. Kulit berminyak.
Kulit berminyak merupakan hasil dari kelebihan produksi minyak yang mengarah pada pembentukan noda, dan sering mengalami bintik-bintik dan komedo. Pori-pori pada kulit berminyak, umumnya besar dan teksturnya lebih kasar, serta lebih tebal dibandingkan dengan jenis kulit lainnya.

4. Kulit kombinasi.
Sebagian besar orang, memiliki jenis kulit kombinasi, yang ditandai dengan hidung, dagu dan tengah dahi yang berminyak, sedangkan bagian lain cenderung normal atau kering.

5. Kulit sensitif.
Kulit sensitif memiliki tekstur yang sangat halus. Pori-porinya tidak terlihat dan ditandai dengan bintik-bintik merah kecil. Kulit sensitif sangat peka jika terjadi kontak dengan air, kosmetik yang mengandung bahan kimia yang kuat, deterjen, debu dan lain-lain. Beberapa orang dengan kulit sensitif, juga dipengaruhi oleh perubahan suhu dan paparan sinar matahari, yang mengakibatkan kemerahan, ruam, kulit terasa pedih, terbakar atau gatal. Kulit sensitif juga rentan mengalami bengkak dan alergi, karena itu harus berhati-hati dan butuh perhatian khusus.

share LINE to friends