6 Cara Tambahkan Kelapa ke dalam Menu Diet Anda

Kelapa.

Buah kelapa sudah dikenal sejak dahulu akan manfaatnya yang sangat beragam. Hampir seluruh bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan, dari mulai akar, batang, daun, hingga air dan daging buahnya.

Tak heran jika kelapa mendapatkan banyak perhatian. Selain santannya yang dapat digunakan sebagai pelengkap masakan, ternyata santan bisa juga dimasukkan ke dalam minuman Anda.

Selain santan, masih banyak olahan dari kelapa yang bermanfaat untuk tubuh Anda. Berikut adalah enam cara untuk menuai manfaat kesehatan dari kelapa dengan menambahkannya ke dalam menu diet Anda.

1. Santan.
Masakan Asia sudah lama dikenal menggunakan santan sebagai pelengkap atau bahan utamanya, tetapi apakah Anda tahu bahwa santan juga dapat dijadikan tambahan lezat untuk kopi, gandum dan smoothies? Santan kelapa juga bisa digunakan sebagai pengganti susu untuk dessert dan menu sarapan, seperti pancake dan muffin.

2. Kelapa yang diiris tipis dan dikeringkan.
Anggap saja ini sebagai kacang jenis baru. Anda dapat menambahkannya ke dalam sereal atau smoothies, atau taburi di atas yoghurt atau dipanggang. Gunakanlah serpihan kelapa tanpa gula. Alternatif lain, Anda bisa membuat resep bola cokelat kelapa.

3. Minyak kelapa.
Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang disebut juga dengan MCT (trigliserida rantai menengah). Minyak kelapa mengandung sekitar 60 persen MCT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MCT benar-benar dapat meningkatkan pembakaran lemak, menambah energi dan mengurangi penyimpanan lemak.

4. Gula kelapa.
Gula kelapa aren lebih kasar dari gula putih, jadi ini merupakan pilihan yang lebih sehat. Gula kelapa aren akan mempertahankan jumlah kalium dan zat besi setelah disempurnakan. Gula kelapa ini bisa digunakan sebagai pengganti gula putih. Anda dapat menemukan jenis gula ini di toko makanan herbal dan supermarket.

5. Tepung kelapa.
Tepung kelapa tinggi serat dan rendah karbohidrat, ini bisa dijadikan pengganti untuk tepung terigu. Jangan gunakan tepung kelapa terlalu banyak, karena rasanya sedikit pahit. Perbandingannya, gunakan sepertiga cangkir tepung kelapa untuk satu cangkir tepung terigu.

6. Air kelapa.
Air kelapa merupakan minuman sehat dan cara ideal untuk menghidrasi tubuh Anda. Air kelapa bersifat deuretik yang dapat membersihkan racun dari dalam tubuh dengan mudah. Air kelapa sangat bagus untuk mengisi vitamin dan mineral dalam tubuh Anda. Anda dapat menambahkannya ke dalam smoothies atau minuman musim panas lainnya yang menyegarkan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk makanan, Anda dapat menambahkan air kelapa untuk merebus ikan dan ayam. (Sumber)

share LINE to friends