Ternyata, Kotoran Anda dapat Selamatkan Nyawa Seseorang

Ilustrasi toilet.

Mungkin, sebagian besar orang berpikir dan menganggap bahwa kotoran manusia adalah sampah. Jangankan untuk menyelamatkan nyawa, membayangkannya saja mungkin kita sudah merasa jijik. 

Seseorang yang menderita infeksi clostridium difficile, mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari pengobatan yang disebut dengan fecal microbiota transplantation (transplantasi mikrobiota tinja).

Apa itu infeksi clostridium difficile? Dan bagaimana bisa kotoran manusia dapat menyelamatkan nyawa seseorang? Dilansir dari Indian Express, berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Clostridium difficile kolitis adalah infeksi diare yang dapat menyebabkan kembung dan diare, sakit perut yang mungkin akan bertambah parah. Meskipun penyakit ini bisa diobati dengan antibiotik, penyakit ini akan kembali kambuh dan CDI telah melaporkan setidaknya ada 20 persen kasus seperti ini. Penyakit ini telah membunuh sekitar 14.000 orang per tahun di Amerika Serikat.

Kembali ke pembahasan, mikrobiota tinja dipersiapkan menggunakan tinja dari donor yang sehat dan ditransplantasikan ke dalam usus pasien. Awalnya, tinja akan dicampur dengan garam dan dimasukkan ke dalam usus melalui enema.

Kotoran memiliki hampir 60 persen bakteri yang sebagian besar masih hidup. Transfer tinja bertujuan untuk memulihkan koloni bakteri yang sehat agar menjadi encer atau memaksa strain berbahaya keluar, menurut pendapat Marie Myung-Ok Lee untuk New York Times.

Walaupun tinja dapat menyelamatkan nyawa seseorang, tetapi tidak semua kotoran manusia dapat digunakan. Hanya kotoran yang sehat dan memenuhi syaratlah yang bisa digunakan. Kabarnya, donor tinja dibayar hingga US$13 ribu per tahun.

Meskipun fecal microbiota transplantation masih diteliti sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit, clostridium difficile merupakan satu-satunya penyakit yang telah dieksplorasi dengan sangat hati-hati dan telah terbukti secara klinis dan kuat dalam mendukung penggunaannya.

Bagi Anda yang ingin menyumbangkan tinja, bisa melalui OpenBiome, bank publik kotoran yang berbasis di Medford, Massachusetts.

share LINE to friends