7 Alasan Mengapa Vitamin B12 Itu Penting

Ilustrasi vitamin B12.

Apakah Anda tahu pentingnya vitamin B12 dibandingkan dengan vitamin lainnya? Vitamin ini larut dalam air yang bisa membuat saraf dan sel-sel di tubuh Anda menjadi sehat. 

Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang bertanggung jawab untuk kelancaran proses fungsi tubuh yang berbeda. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin B12, biasanya ditandai dengan tubuh yang mudah lelah. 

Ada beberapa kategori orang yang membutuhkan vitamin B12 untuk mempertahankan hidupnya. Seperti, peminum berat, perokok, ibu menyusui, ibu hamil dan orang tua. Dan berikut adalah tujuh alasan mengapa vitamin B12 itu penting untuk tubuh Anda.

1. Mengurangi rasa lelah.
Vitamin B12 diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa di dalam tubuh, sehingga menghasilkan energi dan menurunkan kelelahan. Selain itu, vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa, suplementasi vitamin B12 terbukti efektif membantu memerangi kelelahan.

2. Meningkatkan kesehatan mental.
Dalam fungsi ini, vitamin B12 dapat membantu mengatur sistem saraf agar tetap sehat, mengurangi stres, depresi dan penyusutan otak. Peran vitamin B12 dalam peningkatan kognitif telah ditemukan dalam beberapa penelitian.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan.
Hal ini diperlukan untuk pemeliharaan sistem pencernaan. Vitamin B12 dapat melindungi jantung terhadap penyakit berbahaya yang mengancam jiwa, dengan meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat dan melindungi terhadap tekanan darah tinggi dan stroke.

4. Mencegah kanker.
Vitamin B12 dapat melindungi Anda dari kanker payudara, paru-paru, usus dan prostat. Vitamin ini berperan dalam proses sintesis DNA dan perbaikan, yang memiliki hubungan erat dengan kanker. Sebuah studi telah menemukan bahwa, asupan tinggi vitamin B12 yang dibarengi dengan vitamin B6 dan folat, dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 30-40 persen, hal ini dilakukan pada partisipan yang memiliki gen kanker di dalamnya.

5. Menjaga kulit tetap sehat.
Suplemen vitamin B12 dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Selain itu, vitamin ini juga membantu dalam reproduksi sel dan memperbarui sel kulit mati.

6. Mengurangi risiko cacat lahir.
Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa, vitamin B12 dapat membantu dalam proses sintesis DNA dari sel. Oleh karena itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan cacat pada DNA. Beberapa studi telah mengaitkan kekurangan vitamin B12 dengan cacat tabung saraf dan risiko yang lebih tinggi dari Down Syndrome pada anak-anak. Pentingnya vitamin B12 dapat terlihat jelas ketika terdapat cacat dalam DNA.

7. Membantu mengobati hepatitis C.
Vitamin B12 dikenal dalam perannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Fungsi ini diperkuat oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam the Gournal Gut, yang menilai peran suplemen vitamin B12 pada pasien yang menderita infeksi hepatitis C. Dari 94 pasien yang menderita infeksi HCV, mereka mengambil suplemen vitamin B12 bersamaan dengan pengobatan hepatitis C dan menunjukkan peningkatan respon terhadap virus setelah pengobatan selesai. 

share LINE to friends