10 Hal yang Paling Ditakuti Manusia

Petir.

Apa hal yang menakutkan bagi kalian di dunia ini? Mengapa kita bisa memiliki rasa takut? The Concise Oxford Dictionary mendefinisikan rasa takut sebagai sebuah emosi yang menyakitkan yang disebabkan oleh bahaya atau kejahatan yang akan datang kepada mereka.

Ketakutan merupakan reaksi alam bawah sadar yang diciptakan dari kecemasan terhadap suatu kondisi yang sering disebabkan oleh kejadian di masa lalu. Tiap orang biasanya mengalami ketakutan dengan sebab dan cara yang berbeda-beda.

Sifat manusia sangatlah kompleks. Ada yang kuat, kompetitif dan berani ketika berada dalam bahaya. Tetapi ada juga yang penakut atau memiliki ketakutan terhadap sesuatu. Dan inilah 10 ketakutan yang paling banyak dialami oleh manusia.

10. Terbang.
Salah satu hal yang paling menakutkan adalah terbang, yaitu ketakutan ketika berada di dalam pesawat atau kendaraan lainnya seperti helikopter. Ketakutan seperti ini disebut juga dengan aerophobia. Takut terbang merupakan tingkat kecemasan besar yang bisa mengurungkan niat seseorang untuk bepergian melalui udara atau menyebabkan penderitaan besar untuk seseorang ketika dipaksa untuk melakukan perjalanan melalui udara.

9. Anjing.
Takut anjing merupakan tantangan tersendiri karena sudah banyak masyarakat yang menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharaan. Ada yang menganggap bahwa anjing merupakan teman terbaik bagi manusia, tetapi di sisi lain, anjing juga telah melahirkan sejumlah ketakutan. Biasanya terkait dengan trauma di masa kecil yang mungkin pernah diserang oleh hewan yang satu ini. Sebenarnya, anjing akan menyerang, apabila wajah Anda terlihat panik. Ketakutan yang abnormal terhadap anjing disebut cynophobia.

8. Laba-laba.
Ketika melihat kaki kurusnya berjalan di lantai, banyak dari kita yang menjerit ketakutan. Ketakutan irasional terhadap laba-laba disebut arachnofobia. profesor psikologi Jon Mei mengatakan, bentuk kaki laba-laba yang membentuk sudut, warnanya yang gelap dan gerak mereka yang tak terduga merupakan hal yang dapat memprogram manusia untuk merasa takut.

7. Tikus.
Takut akan tikus merupakan fobia spesifik yang paling umum, fobia ini disebut juga dengan musophobia, fobia ini disebabkan karena mekanisme perlindungan. Mekanisme ini mungkin terbentuk karena beberapa titik di masa lalu, ketika mereka memiliki pengalaman traumatis dengan tikus. Ketakutan ini bisa dipicu karena kehadiran tikus di ruangan atau toko, melihat di TV atau film, atau ada yang menakut-nakuti mereka dengan tikus. Ada beberapa yang merasa muak dan jijik dengan hewan yang satu ini, tapi ada juga yang takut digigit.

6. Kematian.
Tidak sedikit orang yang takut dengan kematian. Beberapa orang takut mati, tapi ada juga yang takut jika dirinya menjadi sekarat. Rasa takut dengan kematian disebut dengan thanatophobia, yang merupakan ketakutan irasional dengan hal yang mati serta hal-hal yang berhubungan dengan kematian.

5. Darah.
Takut akan darah dikenal juga sebagai fobia darah atau hematophobia, yaitu ketakutan abnormal dan terus-menerus jika melihat darah. Penderita fobia ini, akan ketakutan jika melihat darahnya sendiri, darah orang lain atau hewan. Mungkin, darah ini bisa mengingatkan mereka terhadap kerentanan mereka untuk cedera dan kemungkinan dari kematian.

4. Ketinggian.
Kebanyakan orang mengalami ketakutan alami jika berada di ketinggian. Kadang mereka akan mengalami vertigo, langsung pada saat mereka berada di ketinggian atau setelahnya. Mereka akan sangat menderita ketika berada di ketinggian. Orang-orang yang takut ketinggian, biasanya akan bereaksi ketika berada di puncak gunung, bagian atas eskalator atau puncak tangga.

3. Kegelapan.
Sebagian besar orang, takut pada gelap kecuali ketika mereka ingin tidur. Takut gelap, biasanya bukan takut akan kegelapan itu sendiri, tetapi mereka mungkin takut atau membayangkan bahaya tersembunyi jika berada di kegelapan. Dalam banyak kasus, ketakutan ini biasanya dikaitkan dengan rasa takut dengan hantu atau tokoh mistik lainnya. Rasa takut berlebih akan gelap disebut lygophobia, yaitu ketakutan intens terhadap sesuatu yang tidak menimbulkan bahaya nyata.

2. Petir.
Ketakutan ini disebut dengan astraphobia. Takut akan guntur atau petir merupakan hal yang sangat rasional, karena memang banyak orang dewasa yang juga merasakan ketakutan dengan hal yang satu ini.

1. Ular.
Ular merupakan salah satu binatang yang paling berbahaya, ia juga masuk dalam daftar hewan yang paling mematikan. Takut akan ular, merupakan salah satu fobia yang paling umum. Takut terhadap ular merupakan hal alami dan menandakan respon yang sehat terhadap ular. Biasanya, alasan orang takut ular karena memiliki bisa yang beracun dan kemungkinan jika berada didekat ular, berarti hidup mereka sedang berada dalam bahaya. Walaupun ular terlihat anggun, panjang dan ramping bentuknya, ular merupakan salah satu hewan menakutkan bagi banyak orang.

share LINE to friends