5 Perbedaan Antara Tergila-gila dan Cinta

Ilustrasi wanita merasakan cinta.

Cinta dan tergila-gila, dua hal ini bagaikan makan es krim dan gooseberry. Es krim akan memberi rasa manis di awal, tapi rasa manis tersebut akan cepat hilang. Sedangkan gooseberry terasa pahit di awal dan meninggalkan rasa manis di belakang.

Sementara es krim tidak sehat, gooseberry sangat sehat. Kesimpulannya, tergila-gila seperti es krim dan cinta lebih seperti gooseberry. Cinta dan tergila-gila, merupakan perasaan yang sama-sama kuat untuk orang lain, makanya kebanyakan orang bingung untuk membedakannya satu sama lain.

Tergila-gila merupakan perasaan sesaat sedangkan cinta adalah perasaan yang permanen. Sebenarnya, ada perbedaan yang tak terhitung antara cinta dan tergila-gila. Dan berikut lima di antaranya.

1. Gairah dan kasih sayang.
Gairah merupakan sifat dasar dari tergila-gila. Anda hanya tertarik satu sama lain, tanpa ada perasaan dari dalam hati. Ya, itu hanya sekedar nafsu atau Anda merasa bahwa ia adalah jodoh Anda. Dan hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Sedangkan kasih sayang merupakan dasar dari cinta. Oleh karena itu, ada banyak hal yang akan membuatnya tumbuh. Kasih sayang akan semakin bertambah kuat seiring dengan waktu.

2. Dangkal dan matang.
Tidak diragukan lagi, tergila-gila itu dangkal, karena hanya didasarkan pada saat ini, daya tarik sesaat dan kesenangan sesaat. Ini adalah perasaan delusional yang membuat Anda menginginkan sesuatu yang lebih tanpa berpikir panjang. Sedangkan cinta merupakan perasaan yang lebih matang. Anda jelas bisa memahami apa yang baik dan apa yang buruk, yang akhirnya memberikan Anda kebahagiaan. Ini semua tentang masa depan, keamanan dan kebahagiaan. Ketika Anda sedang jatuh cinta, Anda akan siap untuk memberi tanpa mengharapkan imbalan apapun.

3. Obsesi dan komitmen.
Obsesi merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan kegilaan. Hal ini hanya sampai pada tahap tertarik dan keinginan secara fisik untuk memiliki orang lain. Jika Anda tidak mendapatkannya, hanya kemarahan dan kecemburuan yang akan muncul. Cinta sudah jelas memiliki arti yang berlawanan. Seseorang yang memiliki cinta akan bersabar dan siap untuk menerima tantangan yang datang. Dua insan yang saling mencintai akan berusaha menyelesaikan konflik daripada menyerah. Jadi, selalu ada rasa memiliki dan komitmen dalam hubungan, yang tidak akan pernah didapatkan dari kegilaan.

4. Aman dan tidak aman.
Ada rasa aman yang besar ketika Anda sedang jatuh cinta. Hal ini karena Anda yakin, apapun yang terjadi, pasangan Anda tidak akan meninggalkan Anda. Tetapi jika Anda hanya tergila-gila, Anda akan selalu merasa tidak aman karena masih ada kemungkinan Anda akan kehilangan pasangan, atau ia mungkin akan berpaling atau menipu Anda.

5. Indah dan menakutkan.
Tidak diragukan lagi, cinta adalah perasaan yang indah dan sehat. Indahnya cinta berasal dari fakta bahwa ada penerimaan ketidaksempurnaan orang lain. Pasangan Anda akan menerima Anda apa adanya. Di sisi lain, perasaan tergila-gila merupakan hal menakutkan, karena tidak ada komitmen dan Anda akan selalu cemas akan ketulusan orang lain. Selain itu, dalam kegilaan Anda cenderung hanya memikirkan diri sendiri. Anda ingin pasangan Anda menjadi seperti yang Anda inginkan dan akibatnya, hubungan Anda tidak akan pernah berjalan mulus.

share LINE to friends