10 Talak Termahal Sepanjang Sejarah

Mel Gibson dan Robyn.

Tak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan perceraian. Perceraian biasanya menimbulkan kesedihan, baik bagi pihak pria maupun wanita. Tapi, jika perceraian tersebut malah mendatangkan keuntungan dengan limpahan materi, mungkin bisa dibilang bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Inilah yang dialami oleh beberapa orang yang ada di belahan bumi ini. Setelah bersedih dengan perceraiannya, mereka bagaikan 'kejatuhan durian runtuh' dengan materi berlimpah yang diperolehnya.

Perceraian memang tidak masuk akal jika dihubung-hubungkan dengan ekonomi dan tingkat pendapatan. Namun inilah yang terjadi. Dan berikut adalah daftar sepuluh perceraian paling mahal dalam sejarah hukum. Daftar ini diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan oleh Reuters, CNBC dan Forbes.

10. Roman Abramovich dan Irina US$ 300 juta.
Irina Malandina mengajukan gugatan cerai terhadap Roman Abramovich, konglomerat bisnis Rusia dengan alasan bahwa suaminya telah berselingkuh. Perceraian dimenangkan oleh Irina pada tahun 2007 dan dilaporkan telah menerima uang kurang dari 2 % dari besar US$18,7 miliar kekayaan bersih suaminya.

9. Robert dan Sheila Johnson, US$400 juta.
Robert dan Sheila Johnson adalah pendiri BET. Mereka menikah pada tahun 1969, tapi setelah lebih dari 30 tahun menikah mereka akhirnya berpisah. Robert Johnson merupakan orang Amerika pertama yang menjadi miliarder Amerika-Afrika. Jadi ketika mereka bercerai, Sheila menerima keberuntungan sebesar US$400 juta.

8. Mel Gibson dan Robyn, US$ 425 juta.
Ini merupakan perceraian selebriti terbesar sepanjang masa. Robyn Moore menikah dengan Mel Gibson tahun 1980 dan memisahkan diri darinya 26 tahun kemudian. Gibson dikabarkan menyerahkan setengah dari US$850 juta kekayaannya, ketika ia berpisah dengan istrinya Robyn pada tahun 2011. Perceraian ini disebut-sebut sebagai perceraian terbesar dalam sejarah Hollywood.

7. Craig McCaw dan Wendy, US$460 juta.
Pengusahan Seattlle-area dan pendiri McCaw Cellular, Craig McCaw menikahi Wendy Petrak pada tahun 1974, tetapi mereka berpisah pada tahun 1998, hanya beberapa tahun setelag menjual perusahaan AT&T antara US$11-12 miliar.

6. Steve Wynn dan Elaine Pascal, US$740 juta.
Steve Wynn, CEO kerajaan kasino Wynn Resorts, menikahi Elaine Pascal pada tahun 1963. Mereka bercerai pada tahun 1986, tetapi menikah lagi pada tahun 1991 dan akhirnya bercerai untuk yang kedua kalinya pada tahun 2010. Wynn kehilangan kepemilikan sekitar setengah saham perusahaannya di perceraian keduanya dengan Elaine Wynn dalam perjanjian US$750 juta, menurut laporan pada saat itu.

5. Adnan dan Soraya Khashoggi, US$850 juta.
Selama hampir dua dekade, pengusaha dan miliarder Saudi sekaligus pedagang senjata Adnan Khashoggi memegang rekor untuk penyelesaian perceraian paling mahal dalam sejarah. Adnan menikah selama 20 tahun dengan Soraya Khashoggi pada tahun 1961. Pasangan ini mengajukan gugatan cerai pada tahun 1974, Soraya butuh waktu sampai tahun 1979 untuk menuntut mantan suaminya atas pembayaran tunai yang diperkirakan mencapai US$850 juta.

4. Bernie Ecclestone dan Slavica, US$1,2 miliar.
Bernie Ecclestone, presiden dan CEO dari balap Formula 1, menikah dengan Slavica Ecclestone, yang merupakan mantan model selama 23 tahun. Mereka memiliki dua anak perempuan Tamara Ecclestone dan Petra Ecclestone. Pasangan ini mengajukan gugatan cerai pada tahun 2009 untuk uang senilai US$ 1-1,2 miliar.

3. Rupert Murdoch dan Anna Maria Torv, US$1,7 miliar.
Setelah menikah selama 32 tahun dan memiliki tiga anak, Murdoch menceraikan istri keduanya Anna, dengan penyelesaian US$ 1,7 miliar pada tahun 1999. Ia kemudian menikahi Wendi sesaat setelah perceraian.

2. Rupert Murdoch dan Wendi Deng, US$1,8 miliar.
Pada tanggal 25 Juni 1999, 17 hari setelah menceraikan istri keduanya, Murdoch menikahi wanita kelahiran China, Deng Wendi. Tiga belas tahun kemudian, ia mengulang proses yang sama. Pada 13 Juni 2013, juru bicara News Corporation, Rupert Murdoch menegaskan bahwa ia telah mengajukan gugatan cerai dari Deng di New York City, AS. Menurut dia, pernikahannya telah rusak selama lebih dari enam bulan.

1. Alec dan Jocelyn Wildenstein, US$3,8 miliar.
Perceraian Alec Wildenstein dari Jocelyn Wildenstein dianggap perceraian paling mahal dalam sejarah. Alec adalah miliarder pengusaha Perancis, pedagang seni dan pemilik kuda pacu dan peternak. Ia menikah dengan Jocelyne PĂ©risset pada tanggal 30 April 1978. Mereka memiliki seorang putri bernama Diane. Proses perceraian mereka antara tahun 1997 dan 1999 mendapat banyak sorotan media karena kebiasaan belanja pasangannya yang sangat boros dan kegemaran Jocelyn Wildenstein melakukan operasi plastik. Menurut laporan berita pada saat itu, Jocelyn menerima US$2,5 miliar untuk penyelesaian perceraian dan US$100 juta setiap tahun selama 13 tahun setelahnya.






share LINE to friends