10 Cedera yang Dialami Jackie Chan dalam Film

Aksi Jackie Chan dalam film Police Story.

Siapa yang tidak mengenal Jackie Chan? Aktor, sutradara, produser, penulis skenario, penyanyi, stuntman dan menguasai ilmu bela diri. Jackie Chan merupakan aktor multi talenta sekaligus memiliki karir yang mengagumkan.

Ia telah bermain pada hampir seratus film sebagai aktor. Dalam bermain di film-filmnya, tak sedikit ia mengalami cedera, karena ia tidak pernah menggunakan stuntman untuk menggantikan adegan-adegan berbahaya dalam setiap filmnya. Dan inilah 10 cedera yang dialami Jackie Chan atas aksinya yang spektakuler.

1. Armour of God, Cedera Tengkorak.
Ini merupakan cedera yang paling parah yang dialami Jackie Chan. Dalam filmnya Armour of God (1987), saat adegan melompat dari dinding ke pohon. Salah satu cabang pohon patah dan Chan jatuh di bebatuan yang ada di bawahnya. Hasilnya adalah tengkoraknya retak dan hal itu hampir membunuhnya.

2. Police Story, Cedera Punggung.
Dalam film "Police Story" di tahun 1985, daftar cedera yang dialami oleh Jackie Chan antara lain, Setiap minggu ia harus mengunjungi rumah sakit di sebuah kota kecil untuk luka yang dideritanya, seperti fraktur jari, cedera dalam pada lengan bawah, tangan terbakar karena sengatan listrik, cedera tulang panggul, patah tulang dan cedera paraplegia. Penyebab utamanya adalah melompati pagar listrik dan meluncur ke atap kaca dan menembus kaca tersebut.

3. Hard to Die, Cedera Kaki.
Awalnya, Jet Li harus mengambil peran utama. Karena agennya tidak menginginkan film tentang kejahatan yang terorganisir. Jadi, bintang utama harus memukul Jackie Chan dengan ditandatangani dan disetujui oleh produksi Hong Kong. Dalam adegan tersebut, Jackie Chan berada di antara dua kendaraan yang bertabrakan. Hasilnya ia mengalami patah tulang parah di kedua kakinya.

4. The Super Fighter, Cedera Leher.
Sebuah adegan dari film klasik 'Ironically Skyscraper', diadaptasi oleh Jackie Chan. Sebelumnya di tahun 1923, Harold Lloyd telah melakukan adegan ini dan Chan melakukannya juga. Jadi, ia membiarkan dirinya jatuh dari atas menara. Ia melakukan adegan ini hingga tiga kali, karena dua adegan sebelumnya dianggap tidak memuaskan. Hasilnya kepala Chan mendarat terlebih dahulu di tanah dan menderita cedera serius di leher. Adegan tersebut hampir membuat lehernya patah.

5. City Hunter, Cedera Lutut.
Cedera lutut sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dari aktor yang tak kenal rasa takut ini. Oleh karena itu, ia memiliki kiprah yang luar biasa dalam hal melompat. Menurut pengakuannya sendiri, ia mengalami cedera lutut yang paling parah saat pembuatan film City Hunter di tahun 1993. Cederanya disebabkan saat melakukan adegan kejar-kejaran menggunakan papan skateboard saat melihat Ryu Saeba (J. Chan) didorong oleh sekelompok pemuda. Selain itu, ia melakukan beberapa lompatan melalui jendela ke jalan dan di atas kendaraan yang melaju.

6. Police Story 3, Cedera Bahu.
Dalam kisah Police Story 3 (1992), ia seharusnya menghindari helikopter yang terbang mendekatinya. Namun helikopter tersebut mengenai bahu kanan dari Jackie Chan. Chan mengalami robek otot bahu dan tetap menggantung sampai diselamatkan oleh awak. Setahun kemudian, saat syuting 'City Hunter' ia kembali terkilir di bagian bahu.

7. Rumble in the Bronx, Cedera Kaki.
Dalam film ini, Jackie mengalami patah pada pergelangan kakinya saat melompat dari jembatan hovercraft. Dia tidak diperbolehkan berjalan saat pergelangan kakinya terluka, tapi Jackie tidak mau berhenti syuting dan akhirnya ia merancang sepatu khusus untuk menutupi pergelangan kakinya yang patah dan menunjukkan kepada semua orang bahwa semuanya berjalan normal.

8. Young Master/Mr. Nice Guy, Cedera Hidung.
Hidung merupakan bagian yang paling banyak diincar ketika dua orang berkelahi. Pada tahun 1997, dalam film 'Mr. Nice Guy', ini merupakan saat-saat Jackie Chan mengalami cedera hidung.

9. Drunken Master, Cedera Mata.
Penglihatan Jackie Chan telah tiga kali berada dalam bahaya. Dalam 'Drunken Master' (1978) alisnya terluka dan ia hampir kehilangan matanya. Selanjutnya dalam film 'Miracles' di tahun 1989, ia kembali mendapat pukulan di wajah selama adegan pertarungan.

10. Dragon Lord, Cedera Dagu.
Film ini disutradarai dan ditulis sendiri oleh Jackie Chan, tapi ia tidak dapat berbuat banyak seperti yang diharapkan. Seperti yang Jackie sebutkan dalam bukunya, I Am Jackie Chan: My Life in Action, ia menderita luka di dagu selama menjalani adegan di film tersebut, yang membuatnya sulit untuk mengarahkan film.

share LINE to friends