Tekan Bagian Tubuh Ini untuk Perlancar BAB

Ilustrasi BAB.

Ya, sangat menjengkelkan memang, jika kita memiliki masalah dengan buang air besar. Apalagi jika Anda sudah melakukan berbagai cara, namun tetap sulit untuk buang air besar dengan mudah. Ketidakmampuan membuang semua kotoran yang ada di perut merupakan masalah kesehatan yang serius. 

Mungkin Anda telah melakukan beberapa cara untuk membantu memperlancar BAB, dengan cara-cara yang cukup populer, seperti mengonsumsi makanan berserat, menggunakan alat yang merangsang rasa mulas dan detoksifikasi.

Tapi, sepertinya Anda perlu menggunakan cara sederhana berikut ini untuk membantu Anda buang air besar dengan lancar. Yang terpenting adalah, cara ini tidak menimbulkan efek samping, kecuali membuat tangan Anda kotor.

Cobalah lakukan sedikit peregangan antara bagian pribadi Anda dan anus, teknik ini disebut dengan perineum, dengan menekan titik perineum, hal ini dapat meringankan sembelit Anda. Ini bukan omong kosong, karena fakta ini telah didukung oleh Journal of General Internal Medicine.

Journal of General Internal Medicine ini juga mempelajari bahwa, dalam perbandingan antara 1 sampai 5 kali sembelit secara teratur, wanita lebih banyak terpengaruh daripada laki-laki. Hal inilah yang mendorong para peneliti untuk menemukan cara lain, selain dengan mengonsumsi makanan kaya serat. 

Teknik yang sama juga disarankan untuk wanita hamil untuk membantu mereka agar merasa rileks dan mempersiapkannya selama proses persalinan. Rutin memijat titik perineum dapat membantu memecahkan dan melembutkan tinja Anda.

Studi ini juga menyarankan kepada dokter untuk mengajarkan teknik ini untuk para pasien yang menderita sembelit. Cara ini dianggap lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sereal atau berolahraga.

share LINE to friends