10 Negara dengan Tentara Terbesar di Dunia

Tentara.

Tentara menjadi bagian penting dari pertahanan suatu negara. Maka dari itu, tak heran jika negara berani mengeluarkan anggaran besar-besaran demi menjaga keamanan bagi seluruh bangsa dan warga negaranya.

Tak hanya membekali negara dengan persenjataan yang canggih, negara juga membekali diri dengan merekrut sumber daya manusia yang berkompeten, dalam hal ini adalah tentara.

Ada beberapa negara yang memfokuskan dirinya dengan memperkuat kemiliterannya, tapi negara-negara berikut lebih memfokuskan dan lebih dikenal karena jumlah pasukannya yang besar. Dilansir dari TheRichest.com, berikut 10 negara dengan tentara terbesar di dunia.

1. Repubik Rakyat China - 2.285.000.
Tentara Pembebasan Rakyat merupakan sayap militer dari Republik Rakyat China. Ini merupakan tentara terbesar di dunia. Militer merupakan hal wajib untuk pria China yang telah mencapai usia 18 tahun. China memiliki lebih dari satu miliar penduduk untuk dilindungi, oleh karena itu, memiliki tentara dalam jumlah besar merupakan suatu keharusan.

2. Amerika Serikat - 1.458.219.
Amerika Serikat menarik kekuatan militernya dari para relawan yang dibayar. Amerika Serikat menghabiskan lebih dari setengah triliun setiap tahun untuk militer, dan tambahan US$160 miliar untuk operasi kontigensi luar negeri. Pengeluaran mereka setara dengan 43 persen dari total belanja militer di dunia.

3. India - 1.325.000
India menjadi importir terbesar dari senjata militer, dengan pengeluaran setara dengan 9 persen dari impor dunia. Sumber utama senjata berasal dari Rusia, Israel dan Perancis. India berhubungan baik dengan Rusia, terutama dalam pengembangan pesawat militer. 

4. Korea Utara - 1.106.000.
Korea Utara berhadapan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat di sepanjang zona demiliterisasi. Hal ini bermula di akhir tahun 1930-an, ketika Jepang masih menjajah Korea. Pada saat Korea dibagi menjadi dua, bagian utara negara tersebut memiliki kekuatan bersenjata sekitar 2.500 orang. Korea Utara terlibat perang melawan Korea Selatan, negara tetangganya. Sekitar 1/4 dari anggaran negara dicadangkan untuk militer, dengan biaya hampir mencapai US$10 miliar.

5. Federasi Rusia - 1.027.000.
Angkatan bersenjata Federasi Rusia didirikan pada 7 Mei 1992 setelah pecahnya Uni Soviet. Presiden Boris Yeltsin telah menandatangani sebuat dekrit, yang menempatkan seluruh pasukan Uni Soviet dalam wilayah Federasi Rusia sebagai bagian dari tentara Rusia. Negara ini menghabiskan hampir US$72 miliar untuk pemeliharaan angkatan bersenjata.

6. Turki - 666.576.
Negara ini memulai program modernisasi militer besar-besaran setelah bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di tahun 1952. Mereka juga mengirim pasukan untuk Perang Korea. Militer Turki juga telah mengirimkan staf operasional untuk korps tentara multinasional dari Uni Eropa dan NATO.

7. Korea Selatan - 639.000.
Tentara Korea Selatan didirikan pada tahun 1948, setelah negara dipecah menjadi dua. Negara ini telah lama bergantung pada Amerika Serikat dalam hal keamanan, mengingat Korea Selatan yang selalu bersitegang dengan negara komunis tetangganya, Korea Utara. Di tahun 2015 ini, Korea Selatan akan mulai mengambil kendali atas perang operasional. 

8. Pakistan - 617.000.
Angkatan bersenjata Pakistan didirikan pada tahun 1947 setelah mendapatkan kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. Sebagian besar senjata yang ada di Rusia adalah hasil impor dari negara China dan Amerika Serikat, guna kebutuhan militer. Pakistan juga memiliki perjanjian dengan China dalam hal penelitian, mengembangkan dan meningkatkan sistem militer di negara mereka.

9. Iran - 523.000.
Tentara Iran didirikan setelah dinasti Pahlevi diambil alih pada tahun 1925. Tentara mereka dilatih di akademi militer Amerika dan Eropa. Setelah Revolusi Islam di tahun 1979, hubungan dengan AS menjadi tegang. Embargo senjata yang dilakukan AS memaksa Iran untuk belajar mengoperasikan senjata sendiri. Iran juga berperang dengan negara tetangganya di tahun 1980-an. Pada tahun 1989, Iran mulai membangun kembali militernya dengan memesan senjata dari Uni Soviet. Akhirnya Iran berkembang menjadi salah satu tentara paling kuat di Timur Tengah.

10. Mesir - 468.500.
Mesir menjadi salah satu tentara terkuat di Timur Tengah, menyaingi Israel dalam hal supremasi. Mesir juga menjadi salah satu yang terkuat di Afrika, dan merupakan satu-satunya negara Arab dengan satelit pengintai. Tentara Mesir memiliki senjata dari seluruh dunia. Mesir juga memberikan pelatihan dan bantuan ke berbagai negara-negara-negara di Afrika dan Arab.

share LINE to friends