Lima Alasan Sehat untuk Minum Cokelat Panas

Cokelat panas.

Salah satu minuman populer di musim dingin atau penghujan seperti sekarang ini, adalah cokelat panas. Minuman yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa. Tidak hanya akan membuat Anda hangat selama musim dingin, cokelat panas juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Cokelat sendiri mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, penuaan dini bahkan dapat mengurangi risiko terkena kanker, karena kandungan di dalamnya dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh Anda. 

Semakin gelap cokelat yang Anda konsumsi, Anda akan mendapatkan antioksidan yang lebih kuat. Cokelat panas telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati penyakit dan memerangi suasana hati yang buruk.

Cokelat panas dikenal sebagai minuman sehat, khususnya pada abad ke-16 sampai 19, dan kadang-kadang digunakan juga sebagai obat. Saat ini, kebanyakan orang tidak menganggap cokelat panas sebagai obat, melainkan hanya sekedar minuman biasa. Selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, minuman lezat ini mempunyai lima manfaat lain yang tidak kalah sehatnya, dan berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Meningkatkan kekuatan otak Anda.
Hasil studi menunjukkan bahwa, minum cokelat panas dapat membantu meningkatkan otak Anda dan meningkatkan kesehatan otak Anda secara keseluruhan. Flavonoid dalam cokelat panas berkhasiat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak Anda serta dapat membantu Anda berpikir lebih baik. Jika Anda ingin meningkatkan memori Anda, cobalah minum dua cangkir cokelat panas setiap hari. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak gula dalam cokelat panas Anda.

2. Mengandung lebih banyak antioksidan.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, cokelat panas mengandung lebih banyak antioksidan daripada teh hijau dan anggur. Selain itu, minum cokelat panas merupakan salah satu cara paling lezat untuk mendapatkan antioksidan dari cokelat. Cokelat panas mengandung sedikit lebih banyak antioksidan dibanding sebatang cokelat, yang dilepaskan ketika minuman ini memanas.

3. Meningkatkan suasana hati Anda.
Cokelat, termasuk cokelat panas, merupakan penguat suasana hati yang paling terkenal. Minuman lezat yang satu ini dapat membantu melawan stres, kecemasan dan depresi. Cokelat panas dapat merangsang pelepasan endorfin, yang bermanfaat untuk meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia dalam waktu sekejap. Tapi masalahnya adalah cokelat panas mungkin mengandung gula yang tinggi, yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Pertimbangkanlah untuk membuat cokelat panas bebas gula, agar dapat menuai semua manfaat baik yang terkandung di dalamnya.

4. Baik untuk kesehatan arteri Anda.
Flavonoid yang ditemukan dalam cokelat panas sangat baik untuk kesehatan arteri Anda. Flavonoid dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan pembuluh darah. Pilihlah cokelat panas yang sehat dan pastikan tidak meminumnya secara berlebihan. Ingat, cokelat sendiri mengandung gula dan lemak jenuh, jadi jangan biarkan diri Anda untuk minum lebih dari 2 cangkir sehari.

5. Membantu menurunkan berat badan.
Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, cokelat panas dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan Anda. Dengan konsumsi yang tepat, cokelat panas merupakan minuman lezat dan rendah kalori yang dapat Anda nikmati setiap saat. Selain itu, meminum secangkir cokelat panas rendah kalori, dapat membantu mencegah asupan kalori tinggi dan makanan manis, seperti donat, pastry dan cake.

Sekarang Anda sudah mengetahui manfaat mengonsumsi cokelat panas bukan? Tunggu apa lagi? Segeralah ke dapur dan buatlah minuman ini, apalagi bertepatan dengan musim hujan seperti sekarang ini, pastinya akan semakin menambah kenikmatan bukan. Ketika membuat cokelat panas, hindarilah untuk menambahkan gula. Ingat, semakin sedikit gula yang Anda tambahkan ke dalam minuman Anda, hal ini akan semakin baik untuk kesehatan Anda. Apakah Anda penggemar cokelat panas? Apa resep cokelat panas favorit Anda? Silahkan share di kolom komentar, terima kasih semoga bermanfaat.




















share LINE to friends