7 Lokasi Asli Restoran Cepat Saji Terkenal Dunia

Pasti Anda pernah makan di salah satu restoran cepat saji bukan? Di zaman sekarang, rasanya mustahil jika ada orang yang tidak pernah makan atau mengunjungi restoran cepat saji.

Meskipun dokter atau ahli diet memberitahukan bahwa makanan cepat saji merupakan makanan sampah yang dapat mengganggu kesehatan, tetap saja banyak orang yang menyukainya.

Restoran cepat saji biasanya berlokasi di kota-kota besar ataupun di tempat yang ramai. Namun, siapa sangka bahwa, restoran-restoran cepat saji yang namanya kini sudah dikenal dunia ini, awalnya hanya bertempat di rumah ataupun pondok sederhana. Dan berikut adalah tujuh lokasi asli dari restoran cepat saji terkenal dunia.


1. Pizza Hut di 503 South Bluff St., Wichita, Kansas.


Pada tahun 1958, Dan dan Frank Carney membuka restoran pertama Pizza Hut di kampung halaman mereka, yaitu Wichita di Kansas. Saudara-saudaranya berpikir untuk menggabungkan kata Pizza untuk nama baru makanan mereka. Ketika mereka melihat bangunan tersebut terstruktur seperti pondok (Hut) dan hanya diperbolehkan memakai sembilan huruf, kemudian mereka memutuskan kata, Hut. Pada tahun 1986, lokasi ini dipindahkan ke kampus Wichita State University yang digunakan sebagai tempat pertemuan oleh International Business Student Association.

2. McDonalds di 1398, North E Street, San Bernardino, California.


Pada tahun 1940, lokasi tempat makanan ini berdiri, dipindahkan dari Monrovia ke lokasi ini oleh putra pemiliknya, Maurice dan Richard McDonald, dan berganti nama menjadi McDonald Bar-BQ. Sampai tahun 1948, restoran ini beroperasi sebagai carhop drive in, setelah itu baru beralih ke burger dan kentang goreng sebagai Mc Donald. Lokasi ini tidak hanya berfungsi sebagai restoran Mc Donald saja, melainkan berfungsi juga sebagai kantor pusat perusahaan mereka dan menjadi museum resmi.

3. Dunkin Donut's di 543 Southern Artery, Quincy, Massachusetts.


Toko ini pertama kali dibuka pada tahun 1948, dan pada saat itu disebut dengan Open Kettle. Setahun kemudian, namanya diubah menjadi Kettle Donuts dan akhirnya diubah lagi menjadi Dunkin Donuts di tahun 1950. Bangunan ini telah mengalami renovasi beberapa kali, namun estetika asli masih terpelihara dengan baik.

4. Burger King di 7146, Beach Blvd., Jacksonville, Florida.


Restoran ini dimulai sebagai Insta-Burger di tahun 1953, didirikan oleh Keith J. Kramer dan Matthew Burns dan kemudian berganti nama menjadi Insta-Broiler yang sanggup memasak 400 burger dalam waktu satu jam, dan jumlah waralaba menjadi meningkat. Sampai akhirnya pemilik menjual perusahaan franchise ini kepada James McLamore dan David R. Edgerton. Mereka mengubah nama menjadi Burger King. Lokasi asli restoran ini, sekarang menjadi restoran Sandwich Stan.

5. Domino’s Pizza di 953, Washtenew Road, Ypsilanti, Michigan.


Pada tahun 1960, Tom dan James Monoghan membeli restoran pizza kecil bernama Dominick, di dekat Eastern Michigan University. Setelah beberapa bulan, James meninggalkan bisnis tersebut untuk saudaranya kemudian mengembangkannya. Di tahun 1965, restoran tersebut berganti nama menjadi Domino Pizza, Inc. Dari sana, restoran cepat saji ini tumbuh menjadi salah satu pizza yang paling populer di dunia.

6. Starbucks di 2000, Western Ave, Seattle, Washington.


Toko asli Starbucks sebenarnya hanya digunakan untuk menjual biji kopi dan peralatan di tahun 1971. Kemudian, bangunan tersebut dibongkar di tahun 1976 dan mereka diminta untuk mencari tempat baru. Hasilnya, mereka membangun sebuah kafe dengan nama 1st and Pike di tahun 1977. Nama ini diambil dari sebuah tempat bernama Pike Place Market. Sejak saat itu, tidak diketahui perkembangannya lagi, sampai akhirnya tempat ini menjadi tempat paling favorit untuk menikmati kopi.

7. KFC di 688 Highway 25, West, North Corbin, Kentucky.


Harland Sanders pertama kali mulai melayani dan memasak ayam goreng di dapur rumahnya sendiri, untuk memberi makan wisatawan yang sedang lapar di sebuah pom bensin di Corbin. Usaha ini berjalan kembali di tahun 1930, dan mulai dikenal luas oleh masyarakat. Selama sembilan tahun berikutnya, ia menyempurnakan resep rahasianya dengan campuran 11 ramuan dan rempah-rempah. Ia pertama kali menyadari potensi waralaba dan akhirnya pada tahun 1952, restoran franchise pertama dibuka di Salt Lake City, Utah, oleh Pete Harman dengan menggunakan nama Kentucky Fried Chicken.

share LINE to friends